Minggu, 07 Agustus 2016

Harga mahal salah siapa?

Masih seputar harga online shop seperti postingan sebelumnya.

Siapa yang tidak ingin manisnya hubungan antara produsen dengan distributor, agen atau resellernya.. Produsen berharap mendapatkan mitra-mitra tangguh terpercaya.. dan para mitranya pun berharap punya tempat dan bagian dalam kerjasama tersebut, tempat terindah tentunya..
Umumnya produsen menawarkan sistem beli putus.. Kalau sudah beli putus biasanya itu sudah masuk ranah hak milik.. Di dalam Islam masalah hak milik sangat dihormati, si mitra(dalam hal ini bisa dikatakan distributor, agen, atau reseller) pada dasarnya dapat menjual dengan harga berapapun, karena sudah menjadi hak milik.. Jadi tidak ada yang namanya harga pasar... Bahkan yang namanya berjualan online si a berjualan dengan harga tinggi bisa lebih laris dibanding si b yang berjualan lebih murah.. Itu bisa terjadi karena mungkin perselancaran si a di dunia maya sudah teruji dan luas..

Hadist Nabi “Sesungguhnya Allah, Dialah yang menetapkan harga itu, Dialah Allah yang melapangkan, Dialah Allah yang menyempitkan, serta Dialah Allah yang memberikan rezeki. Dan sesungguhnya aku berharap agar aku bertemu Allah SWT dalam keadaan tidak ada seorang pun dari kalian yang menuntutku di dalam kezaliman terhadap darah mahupun kezaliman terhadap harta.” (Sahih. Riwayat Abu Daud)

Namun produk produsen biasanya mempunyai merk dagang yang bisa ditelusuri.. Hal ini kembali terkait kepada si produsen.. jika harga mahal diberikan mitranya produk lama berjalan, jika ada mitra lain yang memberi harga murah maka akan terjadi ketimpangan antar mitra.


Jadi biasanya ada yang menetapkan harga, dan kalau saran saya sebaiknya harga jual yang ditetapkan oleh produsen itu adalah harga pada jenjang mitra terendah.. jika mitranya hanya agen dan reseller, artinya harga yang diberikan oleh produsen (jika ikut menjual), agen dan reseller sama. Bahkan produsen juga sebaiknya mengatur sampai kepada berapa persen seharusnya mitra memberikan diskon untuk jenjang di bawahnya. Sehingga terjadi persaingan yang sama dalam lingkup yang sama karena masih 1 merk dagang. Itu idealnya menurut saya. Dan itu tidak mudah dilakukan..
Ketika banyak produk yang tidak diambil mitra, produsen bingung mau dijual kemana terjadilah pengurangan harga besar-besaran, lalu itu biasanya cukup mengganggu mitranya. Jika dipasarkan dengan pasar berbeda bisa saja.. namun sekarang jamannya serba online.. Mau pilih pasar berbeda dimana? Dijual offline pun tetap saja nanti bisa bertemu dengan para pelaku pembeli online yang mungkin saja awalnya membeli di mitranya beralih membeli barang murah dari produsen.
Ketika produsen sudah mengetatkan perekrutan mitra, suatu wilayah hanya ada seorang atau beberapa orang mitra, ada mitra yang maunya mengambil batas minimal asal syarat terpenuhi. Bahkan juga ada yang cuma order kalau ada yang mau membeli, dalam hal ini produsen merasa dirugikan.

Ada produsen yang membuat proteksi wilayah untuk mitranya, namun pembeli online pada dasarnya tidak bisa dibatasi wilayah, bahkan ada yang kurang sreg dengan penjual tertentu.
Peraturan apakah harga harus disamaratakan, apakah produsen tak boleh ikut berjualan, apakah harus ada proteksi wilayah pada dasarnya tidak bisa menjamin kebaikan untuk semua.

Saya berharap Produsen mempertimbangkan ini..: branding produk yang dilakukan oleh mitra sebenarnya tidak bisa dilihat hanya dari jumlah order mitra. Bahkan produsen tidak bisa menilai apakah produk dicintai oleh pembeli berkat mitra yang mana.. Jadi kembali ke atas.. keharmonisan mitra dan produsen insyAllah bisa terjadi jika komunikasi lancar. Produsen berpikiran baik kepada mitra dan mitrapun demikian. Saya yakin banyak Produsen yang melakukan usaha terbaik untuk mitranya dan para mitrapun banyak yang melakukan usaha terbaik untuk produsennya.

“Allah meluaskan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki.” (Al-Ra’d: 26)

Yang menyempitkan rezeki itu bukan naiknya harga, yang menambah rezeki itu bukan turunnya harga.
Semoga bermanfaat

Tulisan ini telah diposting di grup facebook Info Produsen pada tanggal 8 April 2015.



Icon dari: http://www.1001freedownloads.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar